NAMA
:
DINDIN SYAHYUDIN
NPM
:
18862028


JAWABAN KUIZ DASAR-DASAR MULTIMEDIA :

1. teks merupakan salah satu unsur utama dalam sebuah konten multimedia. Sebagian besar multimedia menggunakan teks karena efektif dalam menyampaikan ide kepada pengguna. Oleh karena itu teks harus mudah untuk disimpan, dikenali oleh pengguna dengan cara memililh bentuk teks, kerapatan teks dan font yang sesuai dengan tema aplikasi multimedia yang akan dibuat.
     https://www.slideshare.net/AkmalFajar/fungsi-teks-dalam-multimedia)
2. Teks merupakan alat yang paling lazim digunakan untuk menyajikan informasi. Ini disebabkan karena manusia sangat mengenal keberadaan dan bentuk teks. Teks juga sangat mudah dipahami dan mudah digunakan untuk mendeskripsikan banyak hal dalam kehidupan sehari-hari manusia. Apalagi teks memiliki banyak keunggulan seperti biaya pembuatan yang relatif murah, bisa menggambarkan ide dengan lebih efektif dan mudah untuk diubah (manipulasi).
     (modul elektronik Materi Teks Karangan DR. H. Hudiana)
3. Audio menjadi sangat dominan dalam kehidupan manusia termasuk dalam bidang pendidikan karena sifat audio yang bisa didengar dengan jelas pesan yang disampaikan dengan mudah. Audio juga menjadikan proses pembelajaran lebih dinamis dan menyenangkan. Audio juga menjadi elemen yang penting karena memiliki beberapa kelebihan seperti: media yang mampu memberikan motivasi lebih kepada peserta didik dan membantu pserta didik menjadi lebih berkonsentrasi.
    (Multimedia: Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan Oleh : Munir, 2012)
4. Audio memiliki sifat auditif. Sesuatu yang bisa dipahami jika imajinasi pendengar ikut terlibat dalam memahami pesan yang disampaikan. Theather of mind itu sendiri adalah panggung pikiran,yang harus diekplorasi oleh penyampai pesan supaya imajinasi  pendengar bisa dilibatkan dan pendengar bisa menerima pesan audio secara baik.
     (https://zakhary.wordpress.com/2009/10/28/radio-theater-of-mind/amp/)
5. Gambar dipilih dalam penyajian pesan multimedia karena gambar cenderung bisa memberikan kesan menarik perhatian dan mengurangi kebosanan. Dengan gambar penerima pesan bisa lebih diekplorasi imajinasinya dalam memahami pesan yang disampaikan. Gambar juga memiliki kelebihan seperti bisa menyampaikan informasi dengan cepat, dapat menambah simulasi visual dan warna juga dapat berkomunikasi lintas batas bahasa.
     (elemen grafik, video , animasi oleh DR. Hudiana) & (jhonix.blogspot.com/2015/04/fungsi-image-gambar-pada-multimedia-dan.html?m=1)
6. Gambar dapat meringkas informasi atau pesan secara lebih baik dari pada teks karena dengan gambar maka penerima pesan diajak alam imajinasinya untuk lebih memahami pesan itu. Berbeda dengan teks yang cenderung akan lebih boros penjelasan ketika harus menyampaikan sebuah pesan. Apalagi teks cenderung membosankan dan terpengaruh dengan daya baca sipenerima pesan. Gambar juga menjadi lebih efektif untuk  membantu seseorang yang lemah dalam membaca karena dengan gambar bisanya mereka tanpa sadar bisa meningkatkan daya konsentrasinya terhadap pesan yang diterima.
     (https://www.wawasanpendidikan.com/2016/01/media-gambar-pengertian-dan-fungsi.html?m=1)
7. Video berasal dari bahasa latin Visum atau vidi yang artinya melihat atau mempunyai daya penglihatan. Video memiliki kelebihan mampu menjelaskan sebuah proses, kejadian atau penomena secara nyata. Ini sebabnya penyampaian pesan melalui video cenderung lebih mudah difahami oleh penerima pesan. Didalam proses pembelajaran, penyampaian  materi pembelajaran melalui video cenderung mudah difahami siswa karena sifat video yang dinamis, menarik dan menyajikan suatu fakta secara nyata sehingga anak tidak terlalu dipaksa untuk melakukan imajinasi didalam memahami suatu kegiatan. Apalagi video sangat cocok digunakan dalam mengajarkan   materi dalam ranah psikomotor dan sikap/prilaku.
     (elemen grafik, video , animasi oleh DR. Hudiana).
8. Video menjadi bagian yang terintegrasi dengan berbagai macam sumber pembelajaran dan kegiatan. Dia bisa digunakan dalam hampir semua aspek kehidupan. Dia digunakan untuk memperkaya penjelasan terhadap materi atau pesan yang hendak disampaikan. Dengan video penjelasan yang tadinya rumit akan menjadi lebih dipermudah oleh tayangan video.sehingga bisa dikatakan jika video bisa mejelaskan hal-hal yang mungkin saja tidak bisa disampaikan oleh teks.
     (elemen grafik, video , animasi oleh DR. Hudiana).
9. Animasi berasal dari bahasa latin yang berarti “jiwa”. Dalam bahasa inggris disebut dengan Animation yang diambil dari kata “to animate” yang artinya menghidupkan. Dengan animasi banyak hal dalam kehidupan nyata yang tidak bisa digambarkan atau ditayangkan bisa dikomunikasikan melalui animasi. Bagaimana penjelasan gunung meletus yang bisa difahami dengan baik saat dijelaskan dengan menggunakan animasi. Begitu pula penomena alam lainnya yang tidak bisa secara langsung dijelaskan bisa kita pelajari melalui animasi.
     (elemen grafik, video , animasi oleh DR. Hudiana)
10 Eksperimen yang dilakukan oleh Lewalter (2003) ternyata menunjukkan bahwa penggunaan media animasi tidak memberikan perbedaaan yang signifikan terhadap penggunanya. Demikian pula dengan penelitian Kozma (2003) menemukan fakta bahwa penggunaan potongan-potongan video dalam penelitiannya hanya bermanfaat banyak pada ahli kimianya tapi tidak berdampak signifikan kepada para peserta didik kimia pemula.
     (elemen grafik, video , animasi oleh DR. Hudiana)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL QUIZ DENGAN APLIKASI ISPRING DAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR

NOTEBOOK SAYA

JAWABAN UTS DASAR-DASAR MULTIMEDIA