NAMA
|
:
|
DINDIN
SYAHYUDIN
|
NPM
|
:
|
18862028
|
JAWABAN KUIZ
DASAR-DASAR MULTIMEDIA :
1. teks merupakan salah satu unsur utama
dalam sebuah konten multimedia. Sebagian besar multimedia menggunakan teks
karena efektif dalam menyampaikan ide kepada pengguna. Oleh karena itu teks
harus mudah untuk disimpan, dikenali oleh pengguna dengan cara memililh bentuk
teks, kerapatan teks dan font yang sesuai dengan tema aplikasi multimedia yang
akan dibuat.
https://www.slideshare.net/AkmalFajar/fungsi-teks-dalam-multimedia)
2. Teks merupakan alat yang paling lazim
digunakan untuk menyajikan informasi. Ini disebabkan karena manusia sangat
mengenal keberadaan dan bentuk teks. Teks juga sangat mudah dipahami dan mudah
digunakan untuk mendeskripsikan banyak hal dalam kehidupan sehari-hari manusia.
Apalagi teks memiliki banyak keunggulan seperti biaya pembuatan yang relatif
murah, bisa menggambarkan ide dengan lebih efektif dan mudah untuk diubah
(manipulasi).
(modul elektronik Materi Teks Karangan DR.
H. Hudiana)
3. Audio menjadi sangat dominan dalam
kehidupan manusia termasuk dalam bidang pendidikan karena sifat audio yang bisa
didengar dengan jelas pesan yang disampaikan dengan mudah. Audio juga
menjadikan proses pembelajaran lebih dinamis dan menyenangkan. Audio juga
menjadi elemen yang penting karena memiliki beberapa kelebihan seperti: media
yang mampu memberikan motivasi lebih kepada peserta didik dan membantu pserta
didik menjadi lebih berkonsentrasi.
(Multimedia: Konsep dan Aplikasi Dalam
Pendidikan Oleh : Munir, 2012)
4. Audio memiliki sifat auditif. Sesuatu
yang bisa dipahami jika imajinasi pendengar ikut terlibat dalam memahami pesan
yang disampaikan. Theather of mind itu sendiri adalah panggung pikiran,yang
harus diekplorasi oleh penyampai pesan supaya imajinasi pendengar bisa dilibatkan dan pendengar bisa
menerima pesan audio secara baik.
(https://zakhary.wordpress.com/2009/10/28/radio-theater-of-mind/amp/)
5. Gambar dipilih dalam penyajian pesan
multimedia karena gambar cenderung bisa memberikan kesan menarik perhatian dan
mengurangi kebosanan. Dengan gambar penerima pesan bisa lebih diekplorasi
imajinasinya dalam memahami pesan yang disampaikan. Gambar juga memiliki
kelebihan seperti bisa menyampaikan informasi dengan cepat, dapat menambah
simulasi visual dan warna juga dapat berkomunikasi lintas batas bahasa.
(elemen grafik, video , animasi oleh DR.
Hudiana) &
(jhonix.blogspot.com/2015/04/fungsi-image-gambar-pada-multimedia-dan.html?m=1)
6. Gambar dapat meringkas informasi atau
pesan secara lebih baik dari pada teks karena dengan gambar maka penerima pesan
diajak alam imajinasinya untuk lebih memahami pesan itu. Berbeda dengan teks
yang cenderung akan lebih boros penjelasan ketika harus menyampaikan sebuah
pesan. Apalagi teks cenderung membosankan dan terpengaruh dengan daya baca
sipenerima pesan. Gambar juga menjadi lebih efektif untuk membantu seseorang yang lemah dalam membaca
karena dengan gambar bisanya mereka tanpa sadar bisa meningkatkan daya
konsentrasinya terhadap pesan yang diterima.
(https://www.wawasanpendidikan.com/2016/01/media-gambar-pengertian-dan-fungsi.html?m=1)
7. Video berasal dari bahasa latin Visum atau vidi yang artinya melihat
atau mempunyai daya penglihatan. Video memiliki kelebihan mampu menjelaskan
sebuah proses, kejadian atau penomena secara nyata. Ini sebabnya penyampaian
pesan melalui video cenderung lebih mudah difahami oleh penerima pesan. Didalam
proses pembelajaran, penyampaian materi
pembelajaran melalui video cenderung mudah difahami siswa karena sifat video
yang dinamis, menarik dan menyajikan suatu fakta secara nyata sehingga anak
tidak terlalu dipaksa untuk melakukan imajinasi didalam memahami suatu
kegiatan. Apalagi video sangat cocok digunakan dalam mengajarkan materi dalam ranah psikomotor dan
sikap/prilaku.
(elemen grafik, video , animasi oleh DR.
Hudiana).
8. Video menjadi bagian yang
terintegrasi dengan berbagai macam sumber pembelajaran dan kegiatan. Dia bisa
digunakan dalam hampir semua aspek kehidupan. Dia digunakan untuk memperkaya
penjelasan terhadap materi atau pesan yang hendak disampaikan. Dengan video
penjelasan yang tadinya rumit akan menjadi lebih dipermudah oleh tayangan
video.sehingga bisa dikatakan jika video bisa mejelaskan hal-hal yang mungkin
saja tidak bisa disampaikan oleh teks.
(elemen grafik, video , animasi oleh DR.
Hudiana).
9. Animasi berasal dari bahasa latin
yang berarti “jiwa”. Dalam bahasa inggris disebut dengan Animation yang diambil
dari kata “to animate” yang artinya menghidupkan. Dengan animasi banyak hal
dalam kehidupan nyata yang tidak bisa digambarkan atau ditayangkan bisa
dikomunikasikan melalui animasi. Bagaimana penjelasan gunung meletus yang bisa
difahami dengan baik saat dijelaskan dengan menggunakan animasi. Begitu pula
penomena alam lainnya yang tidak bisa secara langsung dijelaskan bisa kita
pelajari melalui animasi.
(elemen grafik, video , animasi oleh DR.
Hudiana)
10 Eksperimen yang dilakukan oleh
Lewalter (2003) ternyata menunjukkan bahwa penggunaan media animasi tidak
memberikan perbedaaan yang signifikan terhadap penggunanya. Demikian pula
dengan penelitian Kozma (2003) menemukan fakta bahwa penggunaan
potongan-potongan video dalam penelitiannya hanya bermanfaat banyak pada ahli
kimianya tapi tidak berdampak signifikan kepada para peserta didik kimia
pemula.
(elemen grafik, video , animasi oleh DR.
Hudiana)
Komentar
Posting Komentar