NOTEBOOK SAYA




     
NOTEBOOK SAYA
Oleh : Dindin Syahyudin
(Siswa Sekolah Pascasarjana IPI Garut Program Teknologi Pendidikan)

A.    Pendahuluan
Pada kesempatan ini penulis akan sedikit memaparkan spesifikasi notebook yang penulis miliki saat ini. Notebook ini sudah penulis miliki sejak kurang lebih dua tahun yang lalu dan selama ini penulis belum mendapati gangguan yang berarti. Penulis merasa nyaman dan cocok dengan notebook ini. berikut ini penulis sajikan video tentang jenis-jenis laptop Lenovo:

                                                 https://i.ytimg.com/vi/19gSWEkM3tY/mqdefault.jpg

B.     Spesifikasi

Perkembangan teknologi telah berkembang pesat beberapa waktu terakhir ini. Kebutuhan akan perangkat teknologi yang bisa membantu mempermudah pekerjaan kita sehari-hari semakin mendesak untuk kita miliki. Media teknologi itu bisa berupa media komunikasi atau media teknologi lainnya.
Perangkat yang akan penulis paparkan adalah perangkat notebook atau laptop yang memang sudah menjadi kebutuhan penting didalam menyelesaikan berbagai bidang pekerjaan. Dalam hal pemilihan notebook, penulis menjatuhkan pilihan pada notebook merk Lenovo seri G40. Notebook ini bisa disebut cukup ideal, body nya cukup tipis, ringkas dan lumayan canggih untuk menunjang aktifitas pekerjaan sehari hari.
Adapun spesifikasi Lenovo G40 adalah seperti terlihat pada tabel dibawah ini:

NO
SPESIFIKASI
KETERANGAN
1.
Merk
Lenovo
2.
Type
G40
3.
OS
Windows 10
4.
Processor
Intel (R) core i3-5005U
5.
CPU
CPU @ 2.00 GHz 2.00 GHz
6.
RAM
4.00 GB
7.
System Type
64-bit operating systemx64-based processor
8.
Computer Name
DESKTOP-OVICVII
9.
Product ID
00330-80000-00000-AA635
10.
Graphics
Integrated Intel(R) HD Graphic
11.
Display
14.0 HD
12.
HDD
500 GB
13.
Camera
1 MP Fixed Focus CM 05 Camera
14.
Battery
4 CELL 41 WH
15.
Connectors
1xUSB 2.0., 2xUSB 3.0, Card reader, Headphone, Microphone, HDMI
16.
Speaker
Stereo Speaker with Dolby Advanced Audio Certification
17.
Harga
Kisaran 3 Jutaan.
  
C.     Software
Beberapa software yang tertanam pada laptop Lenovo G40 adalah:
1.      3D PageFlip Reader
2.      4share Desktop
3.      Adobe
4.      AskTBar
5.      Bonjour
6.      Cambridge
7.      CMAK
8.      Common Files
9.      Cyberlink
10.  Dropbox
11.  Epson
12.  EPSON Software
13.  GameHouse
14.  GRETECH
15.  IBM
16.  Intel
17.  Internet Explorer
18.  Microsoft Analysis Service
19.  Microsoft Office
20.  Microsoft SQL server
21.  Microsoft.NET
22.  Mobile Partner
23.  Mozilla Firefox
24.  Mozilla Maintenance Service
25.  MSBuild
26.  Nero
27.  Nitro
28.  NSIS Unistall Information
29.  Reference Assemblies
30.  SMADAV
31.  SpeedUp
32.  Winamp
33.  Winamp Detect
34.  Windows Defender
35.  Windows Mail
36.  Windows Media Player
37.  Windows Multimedia Platform
38.  Windows NT
39.  Windows Photo Viewer
40.  Windows Portable Devices
41.  WindowsPowerShell
42.  Wrapcandy PosterShell
43.  Wrapcandy Poster Maker
44.  Yahoo!  

D.    Bagian-Bagian NoteBook Secara Umum

Berikut ini akan penulis sajikan bagian-bagian notebook secara umum yang penulis ambil dari link https://indotekmultimedia.com/pengenalan-bagian-bagian-dalam-laptop/. Bagian-bagian itu antara lain adalah:
1.    Chasing


Chasing adalah bagian paling luar dari laptop yang memiliki fungsi untuk melindungi dan memasang perangkat laptop, dengan adanya casing bagian laptop yang ada di dalam bisa terlindungi dan terhindar dari debu.

2.    Motherboard

Motherboard salah satu bagian atau komponen laptop, motherboard memiliki fungsi untuk memasang perangkat yang paling utama contohnya prosessor, chipset dan perangkat-perangkat lainnya.

3.    LCD


LCD salah satu perangkat penting di laptop yang memiliki fungsi menampilkan hasil dari proses komputer seperti gambar atau teks.

4.    Prossesor


Perangkat komputer yang satu ini merupakan salah satu perangkat yang memiliki peran penting dalam laptop karena prosessor memiliki fungsi sebagai otak dari komputer. Semua kegiatan akan melewati prosessor terlebih dahulu.

5.    Keyboard
Keyboard memiliki peran sebagai alat untuk memasukan data baik berupa data angka maupun data huruf. Keyboard pada laptop dibuat seminimalis mungkin.
  
6.    TouchPad




Pada touchpad memiliki tugas untuk menggerakan pointer pada layar monitor, touchpad ini sama seperti mouse, kalau laptop untuk menggerakannya menggunakan touchpad sedangkan komputer untuk menggerakannya menggunakan mouse.

7.    RAM (Random Access Memory)



Random accsess memory merupakan salah satu perangkat yang ada di komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara, kecepatan kerja pada laptop sangat dipengaruhi oleh besarnya RAM, semakin besar RAM maka kerja laptop akan semakin cepat begitu juga sebaliknya semakin kecil RAM maka semakin lama kerja laptopnya

8.    Hard Disk



Hard Disk adalah salah satu perangkat komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan data-data di laptop secara permanen, data yang ada di dalam hard disk tidak akan hilang kecuali di hapus.

9.    DVD



Perangkat  selanjutnya yaitu DVD yang berfungsi untuk membaca data-data dari CD, fungsi yang lainnya DVD bisa burning pada CD.

10.  Wireless Card


Wireless card perangkat keras pada laptop yang berfungsi sebagai perangkat yang cara kerjanya tidak menggunakan kabel. Wirwless card juga memiliki fungsi untuk menangkap sinyal wifi dari akses lain tanpa menggunakan kabel sama sekali.

  11.  Kipas
Kipas memiliki tugas atau fungsi untuk mendinginkan laptop seperti prosessor, sehingga laptop bisa bekerja dalam waktu yang lebih lama.

12.  Baterai

Perangkat laptop selanjutnya yaitu baterai yang memiliki fungsi menyimpan daya listrik pada laptop, dengan adanya baterai laptop bisa digunakan tanpa harus terhubung langsung ke arus listrik. Biasanya laptop bisa bekerja menggunakan baterai sampai 8 jam.

                Sekarang ini banyak orang cenderung memilih laptop karena dirasa lebih mudah digunakan dan mudah dibawa bila dibandingkan dengan komputer. Kelebihan lainnya adalah laptop memiliki baterai yang memungkinkan kita menggunakannya dimana saja dan kapan saja tanpa harus terhubung dengan arus listrik.
(Copyright 2016 © Indonesia Berkah Teknologi All right reserved.)

E.     Penutup
Demikian sekilas informasi tentang spesifikasi laptop Lenovo G40 yang bisa penulis sampaikan. Mudah-mudahan memberi manfaat untuk kita semua.                                                    

Sumber Pustaka :                                                                                                                                   https://i.ytimg.com/vi/19gSWEkM3tY/mqdefault.jpg                                                                         https://indotekmultimedia.com/pengenalan-bagian-bagian-dalam-laptop/

                                                   
                                                    


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL QUIZ DENGAN APLIKASI ISPRING DAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR

JAWABAN UTS DASAR-DASAR MULTIMEDIA