JAWABAN UTS DASAR-DASAR MULTIMEDIA





NAMA
:
DINDIN SYAHYUDIN
NIM
:
18862028

JAWABAN UTS
MATA KULIAH DASAR-DASAR MULTIMEDIA

1.      Teks memegang peranan penting dalam aplikasi multimedia. Teks berfungsi untuk menyampaikan gagasan secara sederhana dan mudah untuk direkayasa. Teks juga efektif dalam menerangkan langkah-langkah aplikasi.Teks juga merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif  yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001). Tetapi jika teks dianggap terlalu banyak jumlahnya maka alternatif lain adalah menggunakan animasi, video dan narasi. Penggunaan video menjadi lebih efektif karena video bisa menyajikan informasi dengan lebih menarik dan lebih jelas karena dengan video atau animasi maka informasi bsa disampaikan secara gambar gerak dan audio. Ini sejalan dengan pengertian Video yang merupakan media audio visual yang menampilkan gerak (Sadiman, 2008:74).



2.      Audio adalah informasi yang berbentuk suara yang tak kasat mata. Dia menjadi sulit untuk dicerna karena orang yang menerima informasi audio harus terlebih dahulu memiliki pengetahuan awal tentang informasi yang dimaksud. Penerimaan informasi audio juga berkenaan dengan seberapa baik orang dalam mengkonstruksikan pemikirannya terhadap informasi itu. Ini sejalan dengan pendapat Rivai ( 2005 : 131 ) tentang  penggunaan Media Audio dalam dunia pengajaran memiliki kekurangan antara lain :
a)      Memerlukan suatu pemusatan pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar khusus.
b)      Media Audio yang menampilkan symbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalah abstrak, sehingga pada hal – hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.
c)      Karena abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan penguasaan pembendaharaan kata – kata atau bahasa, serta susunan kalimat.
d)     Media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berfikir abstrak.




3.      Gabungan video dan audio akan menjadi lebih efektif karena informasi menjadi lebih konkrit, nyata dan terjadi keseimbangan informasi baik dari segi gambar atau pun suara. Hal ini jelas memudahkan orang untuk  memahami dengan lebih jelas sebuah informasi misalkan penjelasan tentang langkah-langkah prosedural. Azhar Arsyad (2011 : 49) menyatakan bahwa video merupakan gambargambar dalam frame, di mana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar hidup. Ini cocok untuk menjelaskan tentang langkah-langkah membuat atau menjalankan suatu  prosedur.



4.      Multimedia sebagai media presentasi hanya memberikan data atau informasi kepada penerima sehingga tidak dituntut keterlibatan aktivitas dari penerima informasi didalamnya. Sedangkan multimedia sebagai media pembelajaran menuntut penggunanya untuk ikut terlibat didalamnya untuk menguji sejauh mana pemahaman pengguna terhadap informasi pembelajaran yang disajikan. Oleh karena itu multimedia sebagai media pembelajaran aalah sebuah paket multimedia interaktif dimana didalamnya ada langkah-langkah instruksional yang dirancang untuk melibatkan pengguna secara aktif. Ini sesuai dengan bentuk pembelajaran  berbasis multimedia yang digagas oleh  Arsyad (2010:97) yang menyebutkan empat bentuk pembelajaran berbantuan TIK yang biasa digunakan untuk mendeskripsikan  cara-cara pembelajaran TIK dalam bidang:
a)      Model tutorial terprigram
b)      Model tutorial intelijen
c)      Model drill practice
d)     Model simulasi



5.      Multimedia pembelajaran dapat membangkitkan aktivitas mental spesifik pengguna karena pengguna diajak untuk mengalami secara langsung pembelajaran melalui multimedia ini. Informasi pembelajaran tidak hanya disampaikan secara verbal dan angan-angan akan tetapi menampilkan wujud konkrit dari materi yang bisa jadi berkesesuaian denga pengalaman pengguna karena dengan multi media muncul tiga elemen penting yaitu suara, tulisan dan gambar (Mc. Comick)




6.        Menurut Nandi, (2006) terdapat model-model multimedia interaktif, yaitu :
a. Model Drills
Model drills merupakan salah satu bentuk model pembelajaran interaktif berbasis komputer (CBI) yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongret melalui penyedian latihan-latihan soal untuk menguji penampilan siswa melalui kecepatan menyelesaikan latihan soal yang diberikan program.
b. Model Tutorial
Model tutorial merupakan program pembelajaran interaktif yang digunakan dalam PBM dengan menggunakan perangkat lunak atau software berupa program komputer berisi materi pelajaran.
c. Metode Simulasi
Model simulasipada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalam secara kongkret melaui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana pengalaman yang mendekati suasana sebenarnyadan berlangsung dalam suasana yang tanpa resiko. Model simulasi terbagi
dalam empat kategori, yaitu : fisik, situasi, prosedur, dan proses.



7.      Prinsip multimedia adalah adalah prinsip-prinsip Yang  harus dipenuhi agar penggunaan multimedia menjadi lebih efektif dan berhasil guna. Prinsip-prinsip itu antara lain:
a. Prinsip Multimedia
Prinsip multimedia berbunyi murid bisa belajar lebih baik dari kata-kata dan gambar-gambar daripada dari kata-kata saja (Mayer, 2009:93). Yang dimaksudkan dengan kata-kata adalah teks tercetak di layar yang dibaca pengguna atau teks ternarasikan yang didengar pengguna melalui speaker atau headset. Yang dimaksudkan dengan gambar adalah ilustrasi statis seperti gambar, diagram, grafik, peta, foto, atau gambar dinamis seperti animasi dan video. Clark & Mayer (2011:70) menggunakan istilah penyajian multimedia untuk menyebut segala penyajian yang berisi kata-kata dan gambar.
b. Prinsip Keterdekatan

Prinsip keterdekatan terbagi dua, yaitu keterdekatan ruang atau keterdekatan kata tercetak dengan gambar yang terkait (Mayer, 2009:119; Clark & Mayer, 2011:92) dan keterdekatan waktu atau keterdekatan kata-kata ternarasi dengan gambar yang terkait (Mayer, 2009:141; Clark & Mayer, 2011:102). Prinsip keterdekatan ruang menyatakan bahwa siswa bisa belajar lebih baik saat kata-kata tercetak dan gambar-gambar yang terkait disajikan saling berdekatan daripada disajikan saling berjauhan (Mayer, 2009:119). Sedangkan prinsip keterdekatan waktu menyatakan bahwa siswa bisa belajar lebih baik jika kata-kata ternarasikan dan gambar-gambar yang terkait (animasi atau video) disajikan pada waktu yang sama (simultan) (Mayer, 2009:141).



8.      Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry, 2008)
Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses-proses selanjutnya. Pengguna akan mendapatkan informasi atau umpan balik sesuai dengan aksi atau navigasi yang dipilih, informasi tersebut menggunakan berbagai bentuk format data seperti teks, gambar, audio, video, simulasi dan lain-lain. Indikator kelayakan bahan ajar multimedia interaktif dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek aspek materi, aspek pembelajaran, aspek Media.. Aspek media meliputi aspek interface, aspek navigasi, aspek daya tahan.




9.      Video Report:
Bagaimana mengoftimalisasikan belajar siswa.
Penjelasan dialam video diambil berdasarkan pendapat Richard Meyer tahun 2001 seorang profesor di Universitas California dalam Multimedia Learning Theories. Didalam bukunya, Meyer mengemukakan tentang teori otak yang mengatakan bahwa otak memiliki keterbatasan dimana informasi baru mungkin saja dikelola atau dikerjakan oleh otak yang kapasitas memorinya terbatas. Ketika informasi diberikan maka untuk orang normal akan ada dua aspek yang bekerja yaitu penglihatan dan pendengaran. Dimana pendengaran menagkap kata dan penglihatan akan membuat pengguna berimajinasi atau membayangkan informasi sesuai dengan pengalaman atau informasi awal yang dimilikinya. Jika hal ini berhasil maka informasi itu akan diterima secara terpadu dalam satu paket.
Hal ini akan menarik untuk guru yang sering menggunakan multimedia karena melalui multimedia guru bisa menjelaskan mennggunakan kata-kata atau tulisan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL QUIZ DENGAN APLIKASI ISPRING DAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR

NOTEBOOK SAYA