JAWABAN UTS DASAR-DASAR MULTIMEDIA
NAMA
|
:
|
DINDIN
SYAHYUDIN
|
NIM
|
:
|
18862028
|
JAWABAN
UTS
MATA
KULIAH DASAR-DASAR MULTIMEDIA
1.
Teks memegang peranan penting dalam
aplikasi multimedia. Teks berfungsi untuk menyampaikan gagasan secara sederhana
dan mudah untuk direkayasa. Teks juga efektif dalam menerangkan langkah-langkah
aplikasi.Teks juga merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang
dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001).
Tetapi jika teks dianggap terlalu banyak jumlahnya maka alternatif lain adalah
menggunakan animasi, video dan narasi. Penggunaan video menjadi lebih efektif
karena video bisa menyajikan informasi dengan lebih menarik dan lebih jelas
karena dengan video atau animasi maka informasi bsa disampaikan secara gambar
gerak dan audio. Ini sejalan dengan pengertian Video yang merupakan media audio
visual yang menampilkan gerak (Sadiman, 2008:74).
2.
Audio adalah informasi yang berbentuk
suara yang tak kasat mata. Dia menjadi sulit untuk dicerna karena orang yang
menerima informasi audio harus terlebih dahulu memiliki pengetahuan awal
tentang informasi yang dimaksud. Penerimaan informasi audio juga berkenaan
dengan seberapa baik orang dalam mengkonstruksikan pemikirannya terhadap
informasi itu. Ini sejalan dengan pendapat Rivai ( 2005 : 131 ) tentang penggunaan Media Audio dalam dunia pengajaran
memiliki kekurangan antara lain :
a) Memerlukan
suatu pemusatan pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga
pengertiannya harus didapat dengan cara belajar khusus.
b) Media
Audio yang menampilkan symbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalah
abstrak, sehingga pada hal – hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.
c) Karena
abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan
penguasaan pembendaharaan kata – kata atau bahasa, serta susunan kalimat.
d) Media
ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai
kemampuan dalam berfikir abstrak.
3.
Gabungan video dan audio akan menjadi
lebih efektif karena informasi menjadi lebih konkrit, nyata dan terjadi
keseimbangan informasi baik dari segi gambar atau pun suara. Hal ini jelas
memudahkan orang untuk memahami dengan
lebih jelas sebuah informasi misalkan penjelasan tentang langkah-langkah
prosedural. Azhar Arsyad (2011 : 49) menyatakan bahwa video merupakan
gambargambar dalam frame, di mana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor
secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar hidup. Ini cocok untuk
menjelaskan tentang langkah-langkah membuat atau menjalankan suatu prosedur.
4.
Multimedia sebagai media presentasi
hanya memberikan data atau informasi kepada penerima sehingga tidak dituntut
keterlibatan aktivitas dari penerima informasi didalamnya. Sedangkan multimedia
sebagai media pembelajaran menuntut penggunanya untuk ikut terlibat didalamnya
untuk menguji sejauh mana pemahaman pengguna terhadap informasi pembelajaran
yang disajikan. Oleh karena itu multimedia sebagai media pembelajaran aalah
sebuah paket multimedia interaktif dimana didalamnya ada langkah-langkah
instruksional yang dirancang untuk melibatkan pengguna secara aktif. Ini sesuai
dengan bentuk pembelajaran berbasis
multimedia yang digagas oleh Arsyad
(2010:97) yang menyebutkan empat bentuk pembelajaran berbantuan TIK yang biasa
digunakan untuk mendeskripsikan
cara-cara pembelajaran TIK dalam bidang:
a) Model
tutorial terprigram
b) Model
tutorial intelijen
c) Model
drill practice
d) Model
simulasi
https://www.google.co.id/amp/s/binham/wordpress.com/2012/04/26/pembelajaran-berbasis-multimedia/amp/
5.
Multimedia pembelajaran dapat
membangkitkan aktivitas mental spesifik pengguna karena pengguna diajak untuk
mengalami secara langsung pembelajaran melalui multimedia ini. Informasi pembelajaran
tidak hanya disampaikan secara verbal dan angan-angan akan tetapi menampilkan
wujud konkrit dari materi yang bisa jadi berkesesuaian denga pengalaman
pengguna karena dengan multi media muncul tiga elemen penting yaitu suara,
tulisan dan gambar (Mc. Comick)
6.
Menurut Nandi, (2006) terdapat model-model
multimedia interaktif, yaitu :
a.
Model Drills
Model
drills merupakan salah satu bentuk model pembelajaran interaktif berbasis
komputer (CBI) yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongret
melalui penyedian latihan-latihan soal untuk menguji penampilan siswa melalui
kecepatan menyelesaikan latihan soal yang diberikan program.
b.
Model Tutorial
Model
tutorial merupakan program pembelajaran interaktif yang digunakan dalam PBM
dengan menggunakan perangkat lunak atau software berupa program komputer berisi
materi pelajaran.
c.
Metode Simulasi
Model
simulasipada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan
memberikan pengalam secara kongkret melaui penciptaan tiruan-tiruan bentuk
pengalaman yang mendekati suasana pengalaman yang mendekati suasana sebenarnyadan
berlangsung dalam suasana yang tanpa resiko. Model simulasi terbagi
dalam
empat kategori, yaitu : fisik, situasi, prosedur, dan proses.
7.
Prinsip multimedia adalah adalah
prinsip-prinsip Yang harus dipenuhi agar
penggunaan multimedia menjadi lebih efektif dan berhasil guna. Prinsip-prinsip
itu antara lain:
a.
Prinsip Multimedia
Prinsip
multimedia berbunyi murid bisa belajar lebih baik dari kata-kata dan
gambar-gambar daripada dari kata-kata saja (Mayer, 2009:93). Yang dimaksudkan
dengan kata-kata adalah teks tercetak di layar yang dibaca pengguna atau teks
ternarasikan yang didengar pengguna melalui speaker atau headset. Yang
dimaksudkan dengan gambar adalah ilustrasi statis seperti gambar, diagram,
grafik, peta, foto, atau gambar dinamis seperti animasi dan video. Clark &
Mayer (2011:70) menggunakan istilah penyajian multimedia untuk menyebut segala
penyajian yang berisi kata-kata dan gambar.
b.
Prinsip Keterdekatan
Prinsip
keterdekatan terbagi dua, yaitu keterdekatan ruang atau keterdekatan kata
tercetak dengan gambar yang terkait (Mayer, 2009:119; Clark & Mayer,
2011:92) dan keterdekatan waktu atau keterdekatan kata-kata ternarasi dengan
gambar yang terkait (Mayer, 2009:141; Clark & Mayer, 2011:102). Prinsip
keterdekatan ruang menyatakan bahwa siswa bisa belajar lebih baik saat
kata-kata tercetak dan gambar-gambar yang terkait disajikan saling berdekatan
daripada disajikan saling berjauhan (Mayer, 2009:119). Sedangkan prinsip
keterdekatan waktu menyatakan bahwa siswa bisa belajar lebih baik jika
kata-kata ternarasikan dan gambar-gambar yang terkait (animasi atau video)
disajikan pada waktu yang sama (simultan) (Mayer, 2009:141).
8.
Multimedia (sebagai kata sifat) adalah
media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia (Zeembry,
2008)
Multimedia
interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang
dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang
dikehendaki untuk proses-proses selanjutnya. Pengguna akan mendapatkan
informasi atau umpan balik sesuai dengan aksi atau navigasi yang dipilih,
informasi tersebut menggunakan berbagai bentuk format data seperti teks,
gambar, audio, video, simulasi dan lain-lain. Indikator kelayakan bahan ajar
multimedia interaktif dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek aspek
materi, aspek pembelajaran, aspek Media.. Aspek media meliputi aspek interface,
aspek navigasi, aspek daya tahan.
9.
Video Report:
Bagaimana
mengoftimalisasikan belajar siswa.
Penjelasan
dialam video diambil berdasarkan pendapat Richard Meyer tahun 2001 seorang profesor
di Universitas California dalam Multimedia Learning Theories. Didalam bukunya,
Meyer mengemukakan tentang teori otak yang mengatakan bahwa otak memiliki
keterbatasan dimana informasi baru mungkin saja dikelola atau dikerjakan oleh otak
yang kapasitas memorinya terbatas. Ketika informasi diberikan maka untuk orang
normal akan ada dua aspek yang bekerja yaitu penglihatan dan pendengaran. Dimana
pendengaran menagkap kata dan penglihatan akan membuat pengguna berimajinasi
atau membayangkan informasi sesuai dengan pengalaman atau informasi awal yang
dimilikinya. Jika hal ini berhasil maka informasi itu akan diterima secara
terpadu dalam satu paket.
Hal
ini akan menarik untuk guru yang sering menggunakan multimedia karena melalui multimedia guru bisa menjelaskan mennggunakan kata-kata atau tulisan.
Komentar
Posting Komentar