RINGKASAN
MATERI DASAR MULTIMEDIA
A. Pendahuluan
Media pembelajaran
secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang
dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan
atau ketrampilan pebelajar sehingga
dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam
mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan
untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media
pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran
seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education
Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana
komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi
perangkat keras.
B. Pengertian Multimedia
Multimedia adalah media yang menggabungkan 2
unsur atau lebih yang terdiri dari text,grafis,gambar,foto,audio, dan animasi.
Secara terintrograsi, multimedia terbagi menjadi 2 katagori, yaitu :
1.
Multimedia Linier yaitu multimedia yang tidak dilengkapi engan alat
pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini
berjalan berurutan. Contoh : Televisi dan Film.
2. Multimedia Interaktif yaitu multimedia yang dilengkapi dengan
pengontrol,yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat
memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh : Aplikasi games.
C. Manfaat Multimedia Pembelajaran
- Memperbesar
benda yang kecil, yang tidak tangkap oleh mata.
- Memperkecil
benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan disekolah.
- Menyajikan
benda atau peristiwa yang kompleks,rumit,yang berlangsung cepat atau
lambat seperti sistem tubuh manusia,bekerjanya suatu mesin, peredaran planet mars,berkembangnya
bunga-bunga,dll.
- Menyajikan
benda atau peristiwa yang jauh.
- Menyaikan
benda atau peristiwa yang berbahaya.
- Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
D. Karakteristik
Multimedia Dalam Multimedia Pembelajaran
Memiliki lebih dari 1
media yang konfergen. Contoh : menggabungkan unsur audio dan visual
Bersifat interaktif
dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
Bersifat mandiri dalam
arti memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna
dapat menggunakan tanpa bimbingan orang lain.
E. Fungsi Multimedia Pembelajaran
- Mampu
memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
- Mampu
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan
belajarnya sendiri.
- Memperhatikan
siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendali.
- Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna yang terbentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan percobaan, dll.
F. Format Multimedia Pembelajaran
Tutorial Adalah multimedia pembelajaran yang
dalam penyampaian materinya dilakukan secara tutorial, yaitu informasi yang
berisi suatu konsep yang disajikan dengan text,gambar (baik diam ataupun
bergerak), dan grafik.
Drill Yaitu
melatih pengguna sehingga memiliki kemahiran dalam suatu keterampilan atau
memperkuat penguasaan suatu konsep.
Program ini menyediakan serangkai soal yang ditampilkan
secara acak, sehingga soal atau pertanyaan yang tampil selalu berbeda.
Simulasi Yaitu multimedia pembelajaran dengan
format penyampaian secara dinamis yang menjadi didunia nyata. Contoh :
menstimulasikan pesawat terbang.
Percobaan/Eksperimen Format ini mirip dengan
simulasi namun lebih ditunjukkan pada kegiatan-kegiatan yang bersifat
eksperimen atau percobaan. Contoh : latihan praktikum di laboratorium IPA.
Permainan Yang
disajikan tetap mengaju pada proses pembelajaran. Dengan program ini diharapkan
terjadi aktifitas belajar sambil bermain.
G. Syarat Yang Memenuhi Multimedia
- Pengoprasian
yang mudah dan familiar.
- Mudah
untuk diinstal ke komputer.
- Media
pembelajaran yang aktif yan komunikatif.
- Sistem
pembelajaran yang mandiri, artinya siswa dapat belajar mandiri baik
disekolah maupun dirumah tanpa bimbingan guru atau orang lain.
- Sedapat mungkin dengan biaya yang ringan dan terjangkau.
H. Jenis-Jenis Multimedia
Berdasarkan kegunaannya, multimedia
pembelajaran ada 2 macam yaitu :
1. Multimedia presentasi pembelajaran Adalah alat bantu guru dalam proses
pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contoh : Microsoft Power Point (.ppt)
2. Multimedia pembelajaran mandiri
Adalah software pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara
mandiri tanpa bantuan guru. Harus dapat memadukan explecit knowledge dan tacit
knowledge.
Demikian lah
ringkasan materi dasar multimedia. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk
kita semua.
Komentar
Posting Komentar