RINGKASAN
MATERI DASAR MULTIMEDIA

A.    Pendahuluan
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
B. Pengertian Multimedia
Multimedia adalah media yang menggabungkan 2 unsur atau lebih yang terdiri dari text,grafis,gambar,foto,audio, dan animasi. Secara terintrograsi, multimedia terbagi menjadi 2 katagori, yaitu :
    1.  Multimedia Linier yaitu multimedia yang tidak dilengkapi engan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan berurutan. Contoh : Televisi dan Film.
  2. Multimedia Interaktif yaitu multimedia yang dilengkapi dengan pengontrol,yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh : Aplikasi games.

C. Manfaat Multimedia Pembelajaran
  1. Memperbesar benda yang kecil, yang tidak tangkap oleh mata.
  2. Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan disekolah.
  3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks,rumit,yang berlangsung cepat atau lambat seperti sistem tubuh manusia,bekerjanya suatu mesin, peredaran  planet mars,berkembangnya bunga-bunga,dll.
  4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh.
  5. Menyaikan benda atau peristiwa yang berbahaya.
  6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa. 
   D. Karakteristik Multimedia Dalam Multimedia Pembelajaran
Memiliki lebih dari 1 media yang konfergen. Contoh : menggabungkan unsur audio dan  visual
Bersifat interaktif dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna.
Bersifat mandiri dalam arti memberi kemudahan dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna dapat menggunakan tanpa bimbingan orang lain.

E. Fungsi Multimedia Pembelajaran
  1. Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan sesering mungkin.
  2. Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
  3. Memperhatikan siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan terkendali.
  4. Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari pengguna yang terbentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan percobaan, dll. 
F. Format Multimedia Pembelajaran
 Tutorial Adalah multimedia pembelajaran yang dalam penyampaian materinya dilakukan secara tutorial, yaitu informasi yang berisi suatu konsep yang disajikan dengan text,gambar (baik diam ataupun bergerak), dan grafik.
 Drill  Yaitu melatih pengguna sehingga memiliki kemahiran dalam suatu keterampilan atau memperkuat penguasaan suatu konsep.
 Program ini  menyediakan serangkai soal yang ditampilkan secara acak, sehingga soal atau pertanyaan yang tampil selalu berbeda.
 Simulasi Yaitu multimedia pembelajaran dengan format penyampaian secara dinamis yang menjadi didunia nyata. Contoh : menstimulasikan pesawat terbang.
 Percobaan/Eksperimen Format ini mirip dengan simulasi namun lebih ditunjukkan pada kegiatan-kegiatan yang bersifat eksperimen atau percobaan. Contoh : latihan praktikum di laboratorium IPA.
 Permainan    Yang disajikan tetap mengaju pada proses pembelajaran. Dengan program ini diharapkan terjadi aktifitas belajar sambil bermain.

G. Syarat Yang Memenuhi Multimedia
  1. Pengoprasian yang mudah dan familiar.
  2. Mudah untuk diinstal ke komputer.
  3. Media pembelajaran yang aktif yan komunikatif.
  4. Sistem pembelajaran yang mandiri, artinya siswa dapat belajar mandiri baik disekolah maupun dirumah tanpa bimbingan guru atau orang lain.
  5. Sedapat mungkin dengan biaya yang ringan dan terjangkau.
H. Jenis-Jenis Multimedia
                Berdasarkan kegunaannya, multimedia pembelajaran ada 2 macam yaitu :
1. Multimedia presentasi pembelajaran                     Adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan.     Contoh : Microsoft Power Point (.ppt)
2. Multimedia pembelajaran mandiri              Adalah software pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Harus dapat memadukan explecit knowledge dan tacit knowledge.
Demikian lah ringkasan materi dasar multimedia. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUTORIAL QUIZ DENGAN APLIKASI ISPRING DAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR

NOTEBOOK SAYA

JAWABAN UTS DASAR-DASAR MULTIMEDIA